Jaringan Internet merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar TCP/IP sebagai protokol pertukaran data. Jaringan internet saat ini sudah digunakan oleh miliaran penduduk dunia. Internet sendiri dulu digunakan pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969, melalui proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Pada saat itu, mereka mendemonstrasikan komunikasi dalam jarak jauh hingga tidak terhingga melalui saluran telepon. Inilah cikal bakal internet.

jaringan komputer

Budaya Internet

Saat ini, jumlah pengguna internet semakin lama semakin bertambah. Tidak hanya di dunia melainkan juga di Indonesia. Internet sangat berpengaruh terhadap ilmu, moral, pandangan dan komunikasi secara keseluruhan. Dibandingkan dengan perpustakaan konvensional, mencari sesuatu lewat internet bisa dikatakan lebih cepat, lebih praktis dan lebih efisien. Beberapa search engine yang populer seperti Google, Bing dan Yahoo dapat memberikan informasi dalam hitungan detik. Penyebaran yang dilakukan internet merupakan penyebaran decentralization ke seluruh pengguna. Informasi yang terjadi di Amerika serikat, dapat diakses dengan cepat dan mudah oleh seluruh pengguna internet di dunia. Masih ingat dengan serangan 11 september? atau berita mengenai infasi Amerika ke Irak? Semua informasinya sangat mudah didapat.

Tidak hanya terkait dengan berita, internet juga mengubah bidang ekonomi. Tahu Amazon? Amazon merupakan salah satu pelopor transaksi jual beli melalui internet atau yang disebut dengan e-commerce. Dulu transaksi jual beli hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka atau mungkin sebagian kecil dengan telepon, kini sangat mudah dan tidak perlu tatap muka jika dilakukan dengan internet. Di Indonesia sendiri, e-commerce mulai berkembang pesat, sebutlah ada TokoBagus, BliBli, BukaLapak, Tokopedia dan sebagainya.

Internet juga mengubah bagaimana pemerintah bekerja melalui e-government. E-government mendukung transparansi pelaksanaan kegiatan kepemerintahan. Apa manfaatnya? Dengan adanya ini, dapat membantu meningkatkan pemasukan daerah dan pemangkasan jalur birokrasi yang terkenal ribet di Indonesia. Beberapa organisasi pemerintahan seperti kementrian juga mulai memanfaatkan internet sebagai sarana komunikasi dengan para stakeholder termasuk di dalamnya adalah masyarakat. Sebagai contoh, kementrian pariwisata memiliki situs pariwisata Indonesia sebagai media informasi pariwisata terlengkap di Indonesia. Bahkan target situsnya selain turis lokal adalah turis mancanegara.