Jaringan komputer, mahluk apakah ini? Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berbagi sumber daya, saling berkomunikasi dan saling mengakses informasi. Setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan suatu layanan. Pihak yang memberikan layanan disebut dengan server, sedangkan pihak yang menerima layanan disebut dengan client (klien). Dapat analogikan seperti halnya ketika berada di restoran. Seseorang yang datang ke restoran akan dilayani oleh pramujasa. Pramujasa ini adalah server, sedangkan seseorang tersebut adalah klien. Dalam dunia jaringan komputer, desain seperti ini disebut dengan desain client-server.

Untuk membentuk jaringan komputer yang terdiri dari dua komputer saja cukup mudah, tinggal menghubungkan keduanya dengan kabel atau nirkabel sebagai mediumnya. Namun, untuk membentuk jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka dibutuhkan beberapa peralatan tambahan seperti Router, Gateway, Bridge, Hub dan Switch.

Sejarah Jaringan Komputer

Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah proyek yang digagas di laboratorium Bell untuk pengembangan komputer MODEL I. Awal mulanya, proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang dapat digunakan bersama.

Pada tahun 1950-an, mulai lahir cikal bakal super komputer dimana fungsinya yaitu memberikan pelayanan di beberapa terminal yang tersedia. Sejak itu, ditemukan konsep distribusi proses yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka bentuk jaringan komputer pada saat itu sudah mulai diaplikasikan.

Pada tahun 1972, email mulai populer sejak Roy Tomlinson menyempurnakan program email yang digunakan untuk ARPANET. Pada tahun ini juga, simbol @ diperkenalkan yang berarti “at” atau “di”. Pada tahun 1982, lahirlah TCP (Transmission Control Protocol) yang merupakan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Di kala itu, komputer yang membentuk jaringan semakin bertambah sehingga protokol seperti TCP dibutuhkan.

Pada tahun 1984, diperkenalkanlah sistem penamaan domain atau dalam bahasa inggrisnya disebut Domain Name System (DNS). Pada tahun 1988, IRC (Internet Relay Chat) berhasil ditemukan sebagai cikal bakal aplikasi chatting yang populer saat ini seperti Yahoo Messenger, Skype, dan sebagainya. Pada tahun ini, kurang lebih 100.000 komputer telah membentuk jaringan bersama. Pada tahun 1992, komputer yang membentuk jaringan melebihi 1.000.000 komputer dan seterusnya hingga sekarang mungkin sudah puluhan juta atau lebih komputer yang sudah terhubung satu sama lain.